Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Perjalanan Mendaftar Google Adsense Non Hosted 2019 Dan Ditolak Ribuan Kali

Daftar Isi [buka]
Blogger Pesawaran - Hai sudah lama saya tidak posting ya? Kira-kira sudah 1 tahunan. Bagaimana kabar kalian? Masih semangat ngeblog kan? Saya sih masih karena ada keajaiban di tahun ini untuk saya.


Di postingan kali ini, saya akan berbagi Pengalaman Perjalanan Mendaftar Google Adsense Non Hosted 2019 Dan Ditolak Ribuan Kali setelah berjuang selama 3 tahun. Sebenarnya saya dulu sudah punya akun adsense non hosted, tapi sudah lewat. Ah, baiklah mari kita flashback kembali ke tahun-tahun sebelumnya, baca curhatan saya.

  • Tahun 2015

Di tahun itu 2015 saya membangun blog ini, sasaran saya adalah untuk mendapatkan akun adsense. Karena saya sangat tergiur akan bayarannya yang begitu besar, dan juga fantastis nilai hijaunya.

Kemudian, saya membuat blog ini dengan niche kesehatan, dan memasang domain gratisan .tk. karena di tahun segitu domain tersebut masih bisa digunakan untuk mendaftar google adsense non hosted, kalau sekarang sudah tidak bisa.

Setelah itu saya membuat artikel 15 biji berisi bahasa inggris, jaman itu masih enak, tinggal cari artikel yang berbahasa indo terus edit sedikit lalu ditranslate menggunakan aplikasi google translate.

Waktu umur blog baru 1 minggu, postingan sudah 15, dan sudah di daftarkan ke webmaster bing, yahoo, dan google. Saya langsung daftarkan ke adsense.com, setelah selesai di daftarkan sambil menunggu email jawaban saya posting 1 hari sebanyak 5x postingan.

Tetapi sudah tidak memakai artikel bahasa inggris, melainkan artikel original gado-gado. Apa saja saya posting, saya lagi angon bebek pun saya posting, kesawah pun saya posting, naik motor pun saya posting pokoknya 1 hari harus dapet 5 artikel.

Yang bikin saya kaget tidak sampai 1 minggu saya daftar, mungkin sekitar 3 hari kalau tidak salah, malamnya iseng saya cek email sekitar jam 8 malam "buuummmm!!!" Dapet email jawaban, isinya "selamat akun anda blablabla". Hore !! (Teriak saya), saya pun kegirangan akhirnya punya akun adsense juga !! Non hosted lagi!, ujar saya waktu itu.

Setelah berjalan beberapa minggu tiba-tiba akun saya di baned, saya pun bingung akhirnya saya ajukan banding.

Setelah menunggu 3 hari, email banding akun saya diterima dan akun saya kembali di aktifkan. Selang beberapa bulan lagi pas sudah verifikasi pin, akun saya di banned lagi ! Alasannya sama invalid click aktivity. Wah, salah saya dimana? Ujar saya. Saya ajukan banding lagi tetapi di tolak, karena rata-rata kesempatan banding cuma 1x saja, saya ajukan lagi di tolak sampai 10x saya ajukan banding di tolak.

Sesudah itu saya mulai frustasi, saya males ngeblog lagi sampai 6 bulan. Setelah 6 bulan itu saya sudah mulai ada semangat buat ngeblog lagi, akhirnya saya ganti domain ke blogspot lagi dan coba daftar adsense lagi, tetapi apa jawabanya? DITOLAK! Alasan konten tidak memadai.

sampai saya membuat blog baru lagi dari awal saya rintis lagi, saya daftarkan lagi, hasilnya tetap di tolak!. Hingga akhir 2015 pun masih di tolak. Mungkin sekitar 20 blog dan 20 domain sudah saya buat semuanya di tolak.

  • Tahun 2016

Nah, di tahun 2016 itu saya agak jarang ngeblog, palingan ngecek blog-blog yang sebelumnya di tolak. Saya coba daftarkan lagi mereka semua 1 per 1, dari 20 blog tersebut, satupun tidak ada yang diterima. Saya coba kembali ke blog ini dengan domain tld yang baru dan saya daftarkan lagi, saya berharap kali ini pasti diterima.

Pas buka email dan jawabannya gantung banget, isinya "terima kasih atas minat anda blablabla" tidak ada spesifikasi kesalahannya? Saya pun bingung alasannya apa? Kalau konten tidak memadai kan jelas tuh, lah ini tidak ada.

Saya tidak menyerah, saya buang lagi domain tld nya saya coba daftarin pakai blogspot lagi. Gak lama dapat email balasannya isinya "konten tidak memadai" baiklah, mungkin kontennya saya kurang, padahal artikel saya sekitar 70 an.

Saya pun makin rajin update artikel dan blogwalking, sampai total artikel saya mencapai 100 lebih. Saya coba daftarkan lagi dan ..... wala !!! Di tolak lagi !! Karena alasan "melanggar kebijakan pedoman mutu webmaster" disini saya sudah mulai agak putus asa.... hingga berhenti total ngeblog sampai pertengahan 2017.

  • Tahun 2017

Dipertengan tahun 2017 saya mulai agak rindu untuk ngetik artikel, saya rindu blogger ! Saya pun buka lagi blog saya. Saya lihat statistiknya lumayan juga pengunjungnya dari google banyak yang cari artikel saya. Wah semangat lagi nih, saya pun belum posting artikel sama sekali, tetapi yang saya incar yaitu akun adsense lagi.

Saya sangat ambisius sekali dengan akun adsense, dipikiran saya yaitu ngeblog dapat uang untuk makan sehari-hari. Sebenarnya ini tidak baik kata para master blog, tapi ya inilah diri saya tujuan saya ngeblog bukan sekedar hobi yaitu untuk menghasilkan uang juga.

Lepas itu saya kembali ke menu penghasilan dan saya ajukan permohonan lagi, sambil saya menunggu email jawaban saya kembali update artikel 3 kali sehar. Berandai-andai dapat diterima seperti saat saya mendaftarkan pertama kali, 4 hari kemudian saya dapat balasan email yang isinya.... masih sama yaitu melanggar kebijakan.

Saya pun mencari dimana kesalahannya, saya hapus semua link aktif yang ada di komentar, saya hapus semua komentar spam, saya hapus postingan saya yang bahasa inggris. Setelah semua saya perbaharui blog ini, saya daftarkan kembali ke adsense menggunakan email yang berbeda. Dan balasannya kali ini berbeda yaitu... "konten scraped", astaga apalagi ini? Ujar saya waktu itu. Sampai awal 2018 saya udah males buat ngeblog lagi.

  • Tahun 2018

Dibulan maret 2018 saya mulai terbesit untuk memperbaharui blog ini, saya ganti template nya ke bawan blogger yang warna coklat itu, saya pasang domain .tech saya nggak mampu beli domain jadi saya ambil domain .tech dengan cara gratisan menggunakan email.edu atau email pelajar.

Saya belum masuk ke adsense, saya fokus update artikel kira-kira 1 bulan sekali lah yang penting update. Setelah kira-kira 2 bulan sejak blog ini di perbaharui, saya daftarkan lagi ke adsense menggunakan email berbeda lagi, yaitu email akun youtube. Ya, saya coba menggunakan teknik upgrade. Kalau kita bikin channel youtube dan langsung di monetisasi walaupun belum 1000 subs dan 4000 jam tayang kita sudah bisa masuk ke dashboard akun adsense.

Ini lah cara yang saya gunakan untuk mencoba mendapatkan akun full upgrade, saya coba untuk upgrade dan hasil di tolak berkali-kali teman. Saya pun sedih, dalam hati berbicara kok susah amat ya buat dapet akun adsense lagi. Selama satu tahun itu saya coba dafatarkan terus dan di tolak terus, mungkin ribuan kali saya di tolak kira-kira.

Sampai akhir tahun 2018 saya masih di tolak dengan alasan masih konten scraped. Hingga akhir januari saya coba daftarkan adsense untuk yang ke 100.000x nya.

  • Tahun 2019

Akhir januari 2019 saya daftarkan blog ini lagi pakai email beda lagi, tetapi bukan baru yaitu pakai email yang pernah di tolak juga. Karena saya sudah kehabisan bikin email saking banyaknya, hingga memutuskan untuk menggunakan salah satu email yang pernah ditolak adsense.

Saya daftarkan kembali, dan dapat balasan "you have another account" alias saya sudah punya akun adsense yang aktif. Lah ? Kok bisa? Ternyata akun itu adalah akun adsense hosted youtube yang saya mau upgrade menjadi non hosted, karena nomor hp nya sama. Terpaksa saya cencel akun youtube tersebut.

Setelah berhasil saya tutup akun tadi, saya coba daftarkan tanggal 31 januari 2019, dan pada tanggal 04 febuari 2019 saya mendapatkan email jawaban yang saya nanti-nantikan selama 3 tahun !. Alhamdulillah, ya Allah saya sangat bersyukur mempunyai akun adsense lagi non hosted pula. Itulah pengalaman saya daftar google adsense selama 3 tahun di tolak ribuan kali dan akhirnya diterima.

  • Kesimpulan

Yang saya bingung dari kasus saya ini, dapat beberapa kali jawaban yang berbeda-beda, apalagi yang konten scraped. Saat pertama kali saya dapat alasan konten scraped saya tidak pernah tau apa itu artinya mungkin konten rewrite kali ya? Tapi saya tidak pernah melakukannya, kalaupun iya saya sudah menghapusnya yaitu artikel yang bahasa inggris yang 15 buah itu. Dan saya juga tidak pernah memperbaharui artikel yang sudah ada, alias saat dapat email konten scraped saya tidak pernah mengedit artikel yang sudah ada, sampai akhirnya saya diterima full approve. Atau mungkin mereka bosan melihat saya terus terusan mendaftar, dan mereka kasihan kali ya? Pesan saya jangan pernah putus asa, teruslah berusah dan berdoa, mudah-mudahan mendapat hasilnya, ya walaupun harus menunggu agak lama.

Itulah Pengalaman Perjalanan Mendaftar Google Adsense Non Hosted 2019 Dan Ditolak Ribuan Kali Terima kasih sudah berkunjung jangan lupa like dan subscribe hehe seperti youtube saja.