Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Artis Menjadi Youtuber? Apa Dampaknya Bagi Kaum Youtuber Pemula?

Daftar Isi [buka]
Blogger Pesawaran - Akhir-akhir ini sedang buuming dengan yang namanya youtuber, semua orang berbondong-bondong mengupload video vlog, game, maupun yang lainnya untuk menjadi seorang youtuber tak terkecuali para artis papan atas tak mau ketinggalan dengan profesi yang menjanjikan ini.


Lalu apa dampaknya bagi para pemula yang masih awam di dunia peryoutuban? Sebelum mencapai pembahasan kita ngulik sedikit tentang para artis yang beralih profesi menjadi youtuber.

Beberapa tahun yang lalu, saya hanya mengenal beberapa artis yang menjadi youtuber seperti Raditya Dika, Dunia Manji, Dedy Corbuzier (mantan pesulap), Sule, Aelke Mariska, dan itu saja yang saya tahu. Tapi sekarang? Banyak sekali para artis yang mulai berkecimpung dibidang ini seperti, Rafi Ahmad, Baim Wong, Andre Taulany, Varel Bramsta, Natasya Willona, Shiren Sungkar Family, dan masih ada ratusan yang tidak akan saya sebutkan.

Pertanyaan yang sering saya baca di group-group seperti ini, kenapa mereka semua (artis) pada beralih profesi menjadi youtuber? Apa bayaran mereka tidak cukup? Apa mereka jadi hamba adsense? Apa mereka mau beli dunia? Apa harta mereka tidak cukup sebagai artis? Apa mereka sudah tidak laku jadi artis? Apa mereka tidak kasihan terhadap youtuber kecil? Dan sederet pertanyaan yang lainnya.

Dari pertanyaan diatas saya berasumsi bahwa mereka (youtuber kecil) mengeluh karena konten mereka merasa tersaingi oleh konten para artis tersebut. Ada konten artis yang tidak berfaedah sama sekali tapi masuk tranding, sementara konten berfaedah dan bermanfaat justru tidak pernah masuk tranding. Mungkin itu alasan para pemula risau dengan hijrahnya para artis ini kedalam dunia youtube.

Artis kalau membuat video buka kotak yang isinya batu batu saja bisa tranding, sementara para youtuber bukan artis membuat video tentang ilmu pengetahuan tidak masuk tranding, bisa kita bandingkan tranding sekarang rata-rata isinya artis semua dan itu-itu saja. Berbeda dengan yang dulu, tranding bisa bervariasi dan berbeda-beda.

Lalu apa dampaknya para artis itu menjadi youtuber? Apakah mematikan para youtuber kecil? Jawabannya Tidak. menurut saya, walaupun semua artis jadi youtuber tetap tidak akan mengurangi jumlah penonton di video youtuber kecil. Jika youtuber kecil sudah mempunyai jumlah subscriber diatas seribu, maka kalian jangan takut kehilangan penonton.

Saya bisa jamin itu, cobalah untuk tetap konsisten upload video berkualitas, jangan takut tersaingi oleh artis-artis itu. Rejeki sudah ada yang mengatur, jadi kamu juga bisa masuk tranding loh ! Tidak percaya coba saja ! Saya yakin kamu pasti bisa mengalahkan konten para artis yang cuma itu-itu saja. Buatlah tumbnail yang menarik, jangan terlalu klik bait, tapi membuat para penonton penasaran dan akhirnya menonton video kamu.

Jadi intinya tidak masalah artis menjadi youtuber, yang menjadi masalah yaitu ada pada dirimu. Semoga bermanfaat, jika tidak bermanfaat tinggalkan blog ini.